WABAH Covid-19 yang melanda dunia mengurangi pendapatan dan penjualan sektor otomotif di Indonesia. Orang lebih suka menunda pembelian barang tersier, seperti mobil karena desakan kebutuhan lain.
Berdasarkan data yang disusun oleh Industri Industri Industri Asosiasi Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil tahun 2020 sebanyak 532.027 unit atau turun sekitar 48,5 persen dibanding tahun 2019 yang mencapai 1.032.907 unit.
Berikut adalah 10 merek mobil paling laris di Indonesia sepanjang tahun 2020:
- Toyota
Tipe Avanza masih menjadi mobil yang paling laris dengan penjualan ritel sebesar 35.754 unit (dealer untuk konsumen).
- Daihatsu
Daihatsu berhasil mengikuti Toyota dengan angka penjualan 90.724 unit. Sepanjang 2020, Sigra menjadi varian Daihatsu yang paling laris dengan total penjualan 23.295 unit.
- Honda
Tempat ketiga ditempati oleh Honda dengan angka penjualan 73.315 unit. Tipe Brio mencatat penjualan yang cukup laris mencapai 40.897 unit.
- Mitsubishi
Mitsubishi di tempat keempat. Pabrikan dengan simbol tiga berlian berhasil membukukan penjualan 66.130 unit, jenis Xpander tetap memiliki kontribusi terbesar penjualan.
- Suzuki
Logo merek "S" dengan angka penjualan ritel 57.906 unit. Carry pickup tetap merupakan kontribusi terbesar untuk penjualan.
- Fuso
Penjualan truk Fuso sebanyak 21.359 unit. Di tingkat nasional, total penjualan truk mencapai 49.921 unit pada tahun 2020, atau di bawah 48,2 persen dari 96.465 unit pada tahun 2019.
- Isuzu
Total penjualan ISUZU pada tahun 2020 sebanyak 16.442 unit atau 3,1% memimpin segmen kendaraan komersial di Indonesia. Pangsa pasar Isuzu meningkat 0,7% dibandingkan 2019.
- Hino
Kedua model, yaitu, Hino FG 235 JJ dan Hino FG 235 JP, masuk ke dalam lima truk menengah terlaris dibeli di Diler. Dalam daftar, Hino FG 235 JJ bercokol diurutan pertama dengan total penjualan 264 unit, atau 9,6%.
- Nissan
- Wuling
Pabrikan otomotif asal China ini berhasil mencatatkan penjualan 21.112 unit. Meskipun itu di peringkat 10.
(Lee)
Tags
Tren